Tidak ada balasan bagi kebaikan kecuali kebaikan pula

Minggu, 09 Desember 2018

Bentuknya Mini Manfaatnya Maksi

Desember 09, 2018 Posted by Abi Reza No comments

Bendanya kecil bin imut. Dari anak sekolahan hingga orang kantoran  udah akrab ama benda ini. Saking akrabnya, jadi sering kelupaan  Bnaro atau malah ketinggalan. Kadang terselip di sela-sela buku.  Kadang lupa dicabut dari CPU. Padahal kalo udah kehilangan, yang  punyanya dijamin kelabakan. Gimana nggak, ukurannya yang mini  berbanding terbalik dengan manfaatnya yang maksi. Pasti tahu dong  benda apa yang dimaksud?

Yup bener banget, flash disk! Penggerak kilat USB alias USB flash drive adalah alat penyimpanan  data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang  terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa  dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang  tersedia untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai 512  gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori  kilat yang digunakan. Asal usul flashdisk di awali oleh Penemuan Flash Memory (NOR  dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984 ketika sedang bekerja pada  Toshiba.

Sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr.  Shoji Ariizumi. Type flash chip NOR yang diperdagangkan dikenalkan oleh  intel pada tahun 1988. NOR flash sendiri adalah flash dasar yang  membutuhkan waktu cukup lama dalam menghapus dan menulis, tetapi  menyediakan alamat penuh dan jalur data, memberikan akses secara acak  terhadap semua lokasi memori. Sangat bagus untuk menggantikan ROM  model lama seperti BIOS, karena memungkinkan untuk mengupdate kode  program yang tersimpan. Sementara NAND flash dipasarkan oleh Toshiba pada tahun 1989  yang bisa melakukan proses penghapusan dan penulisan lebih cepat serta  membutuhkan tempat yang kecil untuk chip per selnya.

Dengan kapasitas  penyimpanan lebih besar dan biaya produksi lebih kecil menyebabkan  flash tipe ini cocok digunakan untuk secondary storage yang kemudian  melahirkan USB Flash Drive. Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkannya pertama  kali USB Flash Drive karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan  yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000. Trek  Technology dan IBM mulai menjual USB flashdisk  pertama secara komersial pada tahun 2000. Trek  Teknologi Singapura menjual sebuah model yang  dijuluki ThumbDrive dan drive IBM yang pertama di  pasarkan di Amerika Utara yang disebut DiskOnKey. Flash disk punya banyak kelebihan  dibandingkan alat penyimpanan data lainnya,  khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini  lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta  lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian  yang bergerak) daripada disket.

Namun Penggerak  kilat USB juga memiliki umur penyimpanan data yang  singkat, biasanya ketahanan data pada Penggerak kilat  USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori  kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan  dengan cakram keras yang memiliki ketahanan data  hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek  terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya  benar. Kini, selain sebagai media penyimpanan,  Flashdisk juga punya fungsi lain yang tak kalah  kerennya. Perkembangan teknologi informasi  menjadikan flashdisk bisa digunakan sebagai  tambahan memory RAM, sebagai pengganti  HardDiskDrive (HDD) , juga bootable device untuk  menginstall sebuah sistem operasi (operating system)  windows.  

Driser, kalo kamu punya flashdisk, jagain deh  baik-baik. Biar nggak ketinggalan di warnet atau lupa  naro. Kebayang dong gimana repotnya kalo data-data  penting kita yang tersimpan di flashdisk ikut raib. Oh  ya, flashdisk juga bisa jadi tempat peternakan virus  lantaran sering dicolokkin ke banyak CPU atau laptop.  So, rajin-rajin deh periksa pake antivirus seperti  Smadav, Nod32, Avast, Avira, atau yang lainnya untuk  meminimalisir berkembangnya virus di flashdisk kita  tercinta. Ok? [341] 

Sumber: http://www.drise-online.com/2017/10/bentuknya-mini-manfaatnya-maksi.html?m=1

0 komentar:

Posting Komentar