Tidak ada balasan bagi kebaikan kecuali kebaikan pula

Kamis, 15 November 2018

7 Fakta Unik Tentang Semut Ini Mengejutkan Banget. Kamu Pasti Nggak Nyangka, Deh!

November 15, 2018 Posted by Unknown No comments



Setiap orang pasti pernah atau bahkan sering kesal sama semut. Gimana nggak, setiap ada makanan manis yang ditinggal sebentar saja, pasti sudah dikerubungin semut. Lebih kesal lagi kalau digigit semut api, langsung deh emosi dan ingin berkata kotor. Kesel sih boleh, tapi sudah tahu belum nih kalau ternyata semut itu bukan hanya serangga yang bisanya cuma ngeselin saja, lho. Selain jiwa
pekerja keras dan sifat gotong royongnya yang nggak perlu dipertanyakan lagi, fakta unik tentang mereka ternyata ada cukup banyak juga, lho. Nih, YuKepo kasih tahu delapan fakta unik tentang semut yang nggak kamu sangka sebelumnya!

1. Memiliki kekuatan luar biasa


www.kaskus.co.id
Fakta unik yang pertama, beberapa spesies semut memiliki kemampuan untuk membawa beban 10 hingga 50 kali lebih berat dari berat tubuhnya. Percaya atau enggak, kekuatan luar biasa semut disebabkan oleh ukuran tubuh mereka yang kecil. Menurut penelitian dari Arizona State University, karena ukurannya yang kecil, otot semut memiliki luas penampang yang lebih besar, bahkan juga lebih besar dibandingkan dengan hewan yang lebih besar. Jadi jangan salah, kecil-kecil, semut itu kuat.







2. Spesies serangga yang cerdas


imgur.com


Kecil-kecil gitu ternyata semut ini termasuk salah satu spesies serangga paling cerdas di antara serangga-serangga lainnya, lho. Semut memiliki sekitar 250.000 sel otak di kepalanya. Bahkan, apabila beberapa koloni semut besar digabungkan, jumlah sel otak mereka bisa menyamai rata-rata jumlah sel otak pada manusia. Wah, kalau ada lomba cerdas cermat antar serangga, pasti semut nih yang jadi juaranya!





3. Tidak memiliki telinga


www.terro.com
Ini nih salah satu fakta unik yang membedakan semut dengan manusia, yaitu mereka nggak punya telinga. Meskipun begitu, tidak berarti mereka nggak bisa mendengar. Semut memiliki alat indra atau sensor khusus pada lutut dan kakinya yang membantu mereka untuk merasakan getaran di lingkungannya. Melalui getaran pengindraan itulah semut bisa mendengar, termasuk mendengar omelan kita yang suka kesel ketika lihat makanan dikerubungin mereka. 



4. Bisa perang seperti manusia


www.alexanderwild.com
Nggak cuma manusia aja yang bisa perang. Semut juga bisa. Peperangan antarspesies semut yang berbeda bisa berlanjut selama beberapa jam, hari, atau bahkan minggu. Nggak beda kan dengan manusia? Menurut penelitian, Perang Dunia-nya semut yang paling besar adalah peperangan antar koloni semut Argentina. Dalam sehari saja, semut yang tewas mencapai jutaan jiwa.






5. Bisa membentuk superkoloni


www.pinterest.com
Selain ahli perang, semut Argentina juga bisa membentuk superkoloni yang besar dan sangat banyak, seperti superkoloni yang ditemukan di California, Amerika Serikat. Nggak main-main, superkoloni terbesar tersebut memiliki jutaan sarang sepanjang 965 kilometer.









6. Koloni semut tidak bisa bertahan lama tanpa ratunya



www.livescience.com
Semut rakyat biasa, alias semut pekerja, hanya mampu bertahan hidup 45—60 hari, beda dengan ratu semut yang bisa hidup hingga 20 tahun. Ketika ditinggal ratunya, koloni semut tidak bisa bertahan lama, paling beberapa bulan saja. Fakta unik ini jadi bukti nyata kalau di mana-mana pemimpin memang sangat diperlukan.






7. Semut pun melakukan praktik perbudakan



www.australiangeographic.com.au
Siapa bilang hanya manusia yang mengenal dunia perbudakan? Semut ternyata juga mengenal perbudakan, lho. Beberapa spesies semut, seperti Polyergus Lucidus, terkenal suka menginvasi koloni-koloni spesies semut lain dan mengambil pupa. Setelah pupa menetas, semut-semut tersebut lalu dijadikan budak dalam koloni Polyergus Lucidus. Nggak manusia, nggak semut, selalu ada yang jahat ya.


Kecil-kecil gitu ternyata semut nggak bisa dipandang sebelah mata, apalagi terkait kemampuan dan kecerdasannya. Kita yang manusia saja bisa kalah lho ternyata. Nggak lagi deh ngeremehin semut!

Sumber: https://www.yukepo.com/hiburan/sains/7-fakta-unik-tentang-semut-ini-mengejutkan-banget-kamu-pasti-nggak-nyangka-deh/

0 komentar:

Posting Komentar