Tidak ada balasan bagi kebaikan kecuali kebaikan pula

Minggu, 09 Desember 2018

22 Fakta Jamur ini keren, seperti lampu dan bisa seberat 600 Ton

Desember 09, 2018 Posted by Abi Reza No comments


Jamur tidak memiliki klorofil dan bergantung pada makhluk hidup lain untuk memperoleh makanan.

Dalam klasifikasi makhluk hidup, jamur ditempatkan dalam kelompok yang terpisah dari bakteri, hewan, dan tumbuhan.
Terdapat sekitar 70.000 spesies jamur yang telah diklasifikasi hingga sekarang dari sekitar 1,5 juta keseluruhan spesies jamur.

Fakta tentang Jamur
Berikut adalah fakta dan informasi menarik tentang jamur.

1. Jamur pada awalnya diklasifikasikan sebagai tumbuhan karena memiliki kesamaan morfologi dengan tumbuhan. Namun setelah dilakukan analisis filogenetik, jamur segera dimasukkan dalam kelompok yang berbeda.

2. Jamur tidak memiliki klorofil dan karenanya memperoleh makanan dari inang dengan bertindak sebagai parasit. Banyak spesies jamur merupakan saprofit yang berarti memperoleh makanan dari organisme yang sudah mati.

utakatikotak.com
3. Jamur bisa berukuran mikroskopis dan makroskopis. Bentuk struktural paling umum dari jamur mikroskopis adalah hifa. Diameter hifa berkisar antara 2-10 mikrometer, dengan panjang bisa mencapai beberapa sentimeter. Struktur yang terbentuk dari jalinan hifa disebut miselium.

4. Jamur makroskopik bisa langsung dilihat tanpa mikroskop karena berukuran besar.
kumpulanilmu.com
5. Feromon, bahan kimia yang diproduksi oleh jamur, memiliki peran penting dalam reproduksi seksual. Jamur jantan dan betina berkomunikasi satu sama lain melalui feromon.

6. Pada kebanyakan jamur, reproduksi aseksual terjadi melalui spora vegetatif yang dikenal sebagai konidia. Fragmentasi miselium juga merupakan bentuk reproduksi aseksual.

7. Jamur yang ditemukan di lingkungan nitrogen rendah memiliki bagian tubuh yang lengket. Adaptasi ini membantu jamur menjebak hewan kecil seperti nematoda. Hewan-hewan kecil tersebut kemudian dicerna sebagai makanan jamur.

8. Beberapa jenis jamur hidup dalam hubungan simbiosis dengan makhluk hidup lainnya. Misalnya, jamur, lumut, dan ganggang hijau hidup bersama membentuk hubungan simbiotik.

9. Jamur diketahui menyebabkan berbagai penyakit pada tumbuhan, hewan dan manusia. Panu dan kurap adalah masalah umum yang disebabkan oleh jamur pada manusia. Penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur termasuk busuk batang, busuk daun, jamur api, karat, dll.

10. Tupai merah diketahui mengumpulkan dan menyimpan jamur kering dan memakannya di musim dingin.
pixabay.com
11. Terdapat lebih dari 60 jenis jamur yang memperlihatkan fenomena bioluminescence atau berpendarnya cahaya dari tubuh jamur.
wisatahalimun.co.id
12. Dalam kondisi lingkungan yang tepat, jamur bisa berada dalam kondisi dorman (tidak aktif) selama berabad-abad.

13. Organisme terbesar
megaforum.com
Jamur ini termasuk ke dalam organisme terbesar di seluruh dunia, dan salah satunya di Oregon dari jenis Armilaria Ostoyae. Tanaman ini tumbuh sekitar 8,9 KM2 di bawah tanah, yang unik adalah tanaman ini dapat tumbuh dan hidup lebih dari 24 abad, jika ditimbang beratnya sekitar 600 ton.

14. Bukan jenis tanaman

Fakta unik yang pertama tentang jamur ini adalah jamur ini bukan termasuk tanaman. Hal ini dapat Anda llihat di ilmu biologi. Di dalam ilmu biologi ini ada 3 jenis mahluk hidup yang ada di dunia ini, yaitu jenis animalia / hewan, plantae / tanaman, dan fungi / jamur. Hal ini disebabkan, jamur tidak memiliki kriteria yang terdapat pada kingdom plantae atau tanaman.

15. Rasa mirip daging

Anda tentu pernah mendengar atau mengkonsumsi jamur shintake atau enokitake! Jika Anda rasakan, rasanya memang mirip seperti daging.Jamur jenis ini memang memiliki rasa umami, atau 4 rasa dasar yang ada pada masakan, seperti rasa asin, manis, pahit, dan asam. Penyebabnya adalah jamur jenis ini mengandung glutamat dan guanylate, yang membuat jamur ini seperti rasa kaldu pada hewan. Itu sebabnya pada beberapa negara, jamur ini dijadikan sebagai kaldu nabati dan dijadikan sebagai penyedap rasa alami.
sharingdisini.com
16. Jamur zombie
boombastis.com
Yang dimaksud disini adalah jamur Ophiocordyceps Unilateralis, jamur ini dapat membuat semut, tidak bisa mengendalikan dirinya atau seperti zombie.

Berdasarkan salah satu penelitian, jamur ini dapat menginvasi semut jenis semut kayu. Ketika jamur ini masuk ke dalam tubuh semut tersebut, efek yang dirasakan oleh semut tersebut adalah mengigit bagian bawah daun lebih tepatnya di pembuluh daun tersebut. Pada saat samut berada pada lokasi yang tepat, maka jamur akan mulai tumbuh dan berkembang dengan pesat, di seluruh tubuh semut. Ini yang menjadikan semut tidak dapat mengontrol dirinya sendiri, seperti zombie.

17. Jamur dengan bentuk unik

Tahukah Anda bahwa jamur ini memiliki bentuk yang unik, bukan hanya berbentuk payung. Ada beberapa jenis jamur yang hanya mempunyai batang dengan kepala berbentuk bulat.
 
jogja.tribunnews.com
18. Makanan sekaligus racun

Keunikan jamur lainnya, ada beberapa jenis tanaman jamur yang dapat Anda konsumsi dengan cara memasang tertentu, namun banyak juga jenis jamur yang tidak boleh Anda konsumsi. Efek yang akan Anda peroleh ketika mengkonsumsi jamur beracun ini adalah keracunan.

Sedangkan jamur yang boleh dikonsumsi pun tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh dimasak dengan cara yang kurang baik, selain dapat menghilangkan rasa umami dari jamur tersebut, juga akan menimbulkan reaksi pada jamur yang membuat makanan tersebut menjadi racun untuk tubuh Anda.

19. Bangsa Prancis telah mengembangbiakkan spesies jamur agaricus selama 200 tahun, sedangkan bangsa Jepang menanam shiitake selama 2000 tahun lamanya.
asimas.co.id
20. Jumlah varietas jamur yang sudah dikembangbiakkan di dunia ini adalah sebanyak 2500 jenis.

21. Terdapat sebanyak 16 juta spora di dalam setiap jamurnya

22. Jamur-jamur di Finlandia diduga masih mengandung residu berbahaya Caesium-137 sisa tragedi Chemobyl di tahun 1986 []

Catatan kaki: 
https://www.amazine.co/25242/12-informasi-fakta-tentang-jamur-yang-perlu-anda-ketahui/
http://kumpulanilmu.com/8-fakta-dan-keunikan-jamur-yang-perlu-anda-tahu
https://m.utakatikotak.com/kongkow/detail/1180/10-Fakta-Unik-tentang-Jamur

0 komentar:

Posting Komentar