Tidak ada balasan bagi kebaikan kecuali kebaikan pula

Rabu, 15 Juli 2020

26 Fakta Unik Seputar Pisang ini sudahkah kamu tahu?

Juli 15, 2020 Posted by Abi Reza No comments
Pisang miliki sejumlah fakta menarik. (Foto: Thinkstock)
Mulai dari pasar tradisional, supermarket, rumah makan Padang, restoran, hingga pada kafe yang menjual smoothies sehat. Rasanya yang manis dan  segudang manfaat baiknya bagi kesehatan menjadikan pisang sebagai  primadona bagi seluruh kalangan.

Kamu tak akan pernah kehabisan  stok pisang selama hidup, karena pisang merupakan buah yang tak mengenal  musim dan berbuah sepanjang tahun. Di balik segala manfaat dan  kebaikan pisang yang super tersebut, buah kuning ini memiliki sejumlah  fakta unik yang belum kamu ketahui, lho. 


Apa saja, sih?


1. Pisang memiliki nama ilmiah musa sapentum, yang berarti 'Buah dari Pria yang Bijaksana'.


2. Layaknya apel dan semangka, pisang juga bisa mengambang di air, lho!


3. Uganda merupakan negara yang paling menyukai pisang. Satu orang di  Uganda mengonsumsi pisang sebanyak 227 kilogram setiap tahunnya.


4. Ternyata, pisang termasuk dalam kelompok buah berry.


5. Pisang mengandung 75% air, namun untuk memeras sari pisang keluar dari daging buah hampir mustahil untuk dilakukan. Butuh ilmu nuklir untuk  bisa melakukannya!


6. Buah kuning nan manis ini ternyata sudah ditemukan sejak 8000 tahun sebelum Masehi. Luar biasa tua.


7. Penemu makanan Banana Split adalah David Evans Strickler pada 1904 di Pennsylvania.


8.  Pisang tak memiliki kandungan lemak, sodium, dan kolesterol, serta  menjadi satu-satunya buah yang mengandung amino acid tryptophan dan  vitamin B6. Inilah yang membuat pisang jadi buah 'sumber kebahagiaan'.


9.  Lebih dari 100 juta pisang dikonsumsi setiap harinya di seluruh dunia.  Ini membuat pisang menduduki peringkat keempat sebagai produk  agrikultural setelah gandum, nasi, dan jagung.


10. Pisang bisa membuat lebah jadi gila tak terkendali. Hal ini karena kandungan isopentil asetat di dalamnya.


11. Bagi penderita insomnia, makan pisang bisa membuat kamu jadi gampang tertidur. Ini berkat kandungan vitamin B6 di dalamnya.


12. Ada 107 jenis pisang di seluruh dunia.


13.  Dole, perusahaan asal Jepang, mengembangkan pisang termahal dan diklaim sebagai pisang terbaik dunia bernama Pisang Gokusen. Pisang ini dijual  seharga 590 yen atau Rp 67 ribu per buah. 


14. Pohon pisang berusia 10 tahun dan hanya bisa menumbuhkan satu tandan pisang yang bisa berbuah satu kali saja, kemudian mati.


15. Sebelum bertunas dan berbuah, pohon pisang tak akan mati.


16.  Pisang Kepok Putih, pisang Raja, pisang Tanduk, pisang Mas Super,  pisang Siam, pisang Ambon Hijau Lumut, pisang Putri, pisang Nangka,  pisang Ambon Kuning, pisang Susu, pisang Badak, pisang Barangan, dan  pisang Kepok Kuning adalah jenis pisang yang tumbuh di Indonesia.


17. Pisang bisa digunakan sebagai obat luka bakar. Cukup hancurkan pisang dan oleskan pada bagian yang terkena luka bakar.

18. Pisang mengandung zat radioaktif

Pixabay
Pisang secara alami mengandung zat radioaktif dalam skala yang sangat kecil. Hal ini dapat terjadi karena pisang mengandung zat potasium yang cukup tinggi. Spesifiknya, pisang mengandung Potassium-40 yang merupakan isotop radioaktif dari potasium.

19. Pisang adalah hasil inovasi manusia
Pisang, seperti yang kita tahu, adalah penemuan manusia dari 5000 SM. Awalnya, pisang penuh dengan biji, tetapi karena manusia adalah pemakan yang pemilih, hibrida pisang diciptakan, menciptakan pisang tanpa biji. Memang masih ada biji kecil dalam pisang, tetapi mereka tidak berfungsi dalam reproduksi pisang.


20. Pohon pisang bukanlah sebuah pohon

Pixabay
Pisang tidak tumbuh di pohon, melainkan tumbuh dari struktur akar yang memiliki batang di atas tanah. Tanaman ini diklasifikasikan sebagai tanaman herba yang memiliki bentuk seperti pohon. Pisang merupakan jenis tanaman herbaceous terbesar di dunia.

21. Pisang terancam punah

Pixabay
Karena dua hal di atas (buah tanpa biji buatan manusia, tanaman herba), ditambah jenis pertanian perkebunan (kurangnya variasi = kelemahan genetik) pisang Cavendish yang super populer selalu berisiko akan kepunahan.  Hama atau penyakit adalah hal yang paling beresiko untuk membuat tanaman pisang menjadi punah. Sebenarnya, pisang Cavendish yang kita makan saat ini — yang berisiko tinggi akan kepunahan — adalah pengganti pisang yang hampir identik, Gros Michel, yang telah punah pada tahun 1960-an.

22. Pisang adalah buah favorit orang Amerika

Pisang adalah salah satu buah favorit Amerika, dengan sekitar 96 persen konsumen melaporkan membeli pisang tahun lalu. Faktanya, rata-rata, orang Amerika mengkonsumsi 26,2 pon pisang dalam setahun. Lebih mengejutkan lagi, orang Amerika makan lebih banyak pisang daripada gabungan konsumsi apel dan jeruk!

23. Memutihkan Gigi

Kalium yang terdapat dalam pisang dapat berfungsi untuk memutihkan gigi lho. Apalagi pada pisang yang masih memiliki warna kulit yang kehijau-hijauan.

Caranya gampang, ambil sedikit potongan kulit pisang, lalu gosokan kulit pisang tersebut pada gigi beberapa menit sebelum mengosok gigi. Jika rutin, gigi kamu dapat berwana putih alami.

24. Pisang tak Selalu Berwarna Kuning

Jika tak selamanya jagung dibakar, begitupun dengan pisang. Tak selamanya pisang selalu berwarna kuning. Terdapat pisang berwarna merah dan benar-benar dapat dikonsumsi seperti pisang yang selama ini kita ketahui. Biasanya pisang yang berwarna merah merupakan pisang organik yang ditanam dengan "perlakuan yang berbeda".


25. Kulit Pisang Berguna untuk Masalah Kulit

Jangan lagi buang kulit pisang kamu. Seperti yang terungkap dalam sebuah infografis yang dibuat oleh Sustainable America, ternyata kulit pisang dapat memerangi kulit muka yang berjerawat.

kulit pisang kaya akan vitamin A, B, C, dan E, dan nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit wajah. Kulit pisang juga mengandung seng, mangan, besi, dan mineral yang mampu menyembuhkan peradangan kulit.

26. Pisang Melawan Depresi dan Membantu Tidur Lelap

Laura Flores, ahli gizi asal San Diego, bersama dengan LiveScience menyatakan bahwa pisang dapat meningkatkan mood dan membantu melawan depresi. Ini semua berkat tingginya tingkat tryptophan dalam pisang, yang diubah tubuh menjadi serotonin, kemudian membuat suasana hati terangkat.


Tak hanya itu, magnesium dalam pisang juga dapat mengendurkan otot, sedangkan vitamin B6 dalam membantu agar mendapatkan tidur malam yang baik.



Catatan Kaki:
https://netz.id/news/2017/04/02/00716-01816/1012290317/fakta-unik-tentang-pisang

https://www.google.co.id/amp/s/www.idntimes.com/science/discovery/amp/hendi-handoko/5-fakta-mengejutkan-tentang-buah-pisang-c1c2https://m.kumparan.com/@kumparanstyle/17-fakta-unik-seputar-pisang-yang-belum-kamu-ketahui


0 komentar:

Posting Komentar